Kecamatan Kepohbaru Punya Gawe Seleksi 18 Desa Test Pengisian Perangkat

0
88

Bojonegoro, opsinasional.com – pelaksanaan seleksi prangkat 18 desa di Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, pada hari Rabu, 15 September 2021 melaksanakan ujian pengisian perangkat desa. Dalam seleksi ini, peserta memperebutkan sebanyak 24 formasi atau lowongan.

Ariyanto, selaku Kasi Pemerintahan saat ditemui Awak media menyampaikan bahwa ujian seleksi besok akan dilaksanakan di dua tempat.

Yaitu SMA Negeri Kepohbaru untuk 10 desa dan di MTsN Kepohbaru akan ditempati 8 desa,” ucap Ariyanto, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, yang 8 desa menggunakan satu Perguruan Tinggi, sementara 10 desa lainnya sesuai kesepakatan Tim Seleksi masing-masing desa telah bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi.

Ia juga mengatakan jika mayoritas desa dalam seleksi ini menggunakan metode ujian tulis manual dan hanya Desa Woro yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Saat ditanya terkait Perguruan Tinggi mana saja yang digunakan dalam seleksi ini, Ariyanto menuturkan hal itu menjadi ranah Timsel masing-masing desa.

“Untuk Perguruan Tinggi yang menjadi pihak ketiga, sesuai kesepakatan semua Timsel masing-masing desa sengaja tidak disampaikan agar peserta tidak ada akses untuk melakukan lobby,” terang Kasi Pemerintahan Kecamatan Kepohbaru.

Namun dari informasi yang diperoleh awak media, beberapa Perguruan Tinggi yang digandeng sebagai pihak ketiga pada seleksi Perades, diantaranya yakni UIN Satu Tulungagung, Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Ronggolawe Tuban, Universitas Merdeka Malang, Universitas Merdeka Madiun,  Universitas NU Surabaya dan Universitas Bhayangkara Surabaya.

10 desa yang menempati SMA Negeri Kepohbaru pada ujian tersebut meliputi, Desa Woro, Sumberoto, Krangkong, Pohwates, Sumbergede, Ngranggonanyar, Karangan, Sugihwaras, Pejok dan Desa Simorejo.

Sementara yang bertempat di MTs Negeri Kepohbaru sebanyak 8 desa, diantaranya Desa Sumberagung, Bumirejo, Mudung, Jipo, Brangkal, Cengkir, Nglumber dan Desa Kepoh.

Diketahui, 24 formasi lowongan Perangkat Desa di Kecamatan Kepohbaru meliputi 13 jabatan Sekretaris Desa (Sekdes), 6 jabatan Kepala Dusun, 2 jabatan Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan dan 3 pada jabatan Kepala Urusan (Kaur) Tata Usaha & Umum. Yang akan diperebutkan oleh 469 peserta yang telah lolos pada tahap verifikasi administrasi.

Pantauan media disekitar lokasi, ada hal yang menjadi menarik, saat verifikasi berkas administrasi, terdapat beberapa peserta yang mendaftar di Desa Ngranggonanyar yang berasal dari luar desa dinyatakan tidak lolos verifikasi karena ada kekurangan berkas, namun Tim Pengisian tidak pernah memberitahukan hingga waktu pendaftaran habis dan akhirnya gagal mengikuti seleksi Perangkat Desa tahun ini pungkasnya. (Mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here